10 Jenis Tas Beserta Manfaat dan Kegunaannya

Produsen Tas koper Murah

10 Jenis Tas Beserta Manfaat dan Kegunaannya

jenis tas

Ketika Anda mendatangi toko tas dan aksesorisnya, Anda pasti menemukan beragam jenis tas dengan model yang berbeda-beda. Apalagi, jika Anda adalah seorang pengamat fashion dan mode. Tentunya, Anda akan sangat suka melihat berbagai macam model tas dari berbagai merk tas yang terkenal di dunia. Atau barangkali Anda merasa sulit menemukan tas yang Anda inginkan, yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Tas dan beberapa jenisnya dibuat berdasarka kegunaan serta ciri khas tersendiri. Oleh karena itu tak ada salahnya bagi Anda untuk mengenali berbagai macam tas.

1. Ransel yang Multifugsi

jenis tas

 

Anda pasti mengenal jenis tas yang satu ini. Tas ransel atau sering juga  memiliki kegunaan serta fungsi yang banyak (multifungsi). Tas yang satu ini bisa digunakan untuk beberapa hal, di antaranya untuk dibawa berjalan-jalan,  dibawa naik gunung, dipakai untuk bekerja, hingga menyimpan berbagai macam barang bawaan pada saat bepergian.

Selain itu, tas ransel atau backpack ini dibuat dengan berbagai macam variasi. Demikian pula soal warna, corak, bentuk, hingga ukurannya. Tas ransel harus setidaknya memiliki dua kompartemen. Satu kompartemen yang besar dan satu lagi kompartemen yang berukuran lebih kecil. Akan tetapi, pada masa sekarang jenis tas yang satu ini memiliki lebih dari dua kompartmen dengan beberapa slot khusus di dalamnya.

Tas ransel memang tak pernah kehilangan peminat karena fungsinya yang sangat banyak. Dikatakan multifugsi dikarenakan tas tersebut sangat cocok digunakan hampir untuk berbagai macam keperluan. Bukan hanya itu, tas ini juga cocok digunakan utuk laki-laki maupun perempuan disesuaikan dengan gaya dan modelnya.

2. Tas Slingbag (selempang) yang Simpel

jenis tas

 

Selain backpack, tas selempang juga merupakan salah  satu jenis tas yang cukup banyak diminati oleh pemakainya. Slingbag atau tas selempang dikenal dengan tas yang simple dan sederhana. Tas yang satu ini cocok digunakan pada saat Anda berjalan-jalan.

Model sling bag biasanya terdiri dari strap bahu yang memanjang untuk dapat digantungkan di bahu pemakainya. Hal tersebut bertujuan utuk memberikan kemudahan bagi pemakainya dalam mengambil barang di tas tersebut. Akan tetapi, umumnya tas selempang tidak memiliki ukuran yang besar sehingga tidak dapat membawa barang dengan jumlah banyak atau barang dengan ukuran besar.

Sama halnya dengan tas ransel, tas selempang juga memiliki dua kompartemen dengan ukuran yang tidak terlalu jauh.

3. Handbag (Tas Tangan) yang Digemari Pencinta Fashion

jenis tas

Tas tangan atau hand bag merupakan salah satu jenis tas yang umumnya digemari oleh kalangan pecinta fashion. Hal ini dikarenakan tas yang satu ini biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan juga model serta variasinya sangatlah beragam. Kompartmen atau slot yang terdapat pada hadbag atau tas tangan biasanya jumlah dan ukurannya berbeda-beda.

Tas tangan memang sangat identik dengan perempuan, meskipun ada beberapa tas tangan yang diperuntukan untuk laki-laki. Karena ukurannya yang terbilang kecil, tas ini hanya cocok utuk dibawa pada saat berjalan-jalan dan acara-acara tertentu, seperti pesta. Bahan yang digunakan pada tas ini pun bermacam-macam dengan desain yang unik.

Berikut ini beberapa jenis hand bag atau tas tangan yang umum digunakan:

  • Tote Bag => Tas terbuka dengan tali pengikat atau pegangan.
  • Tas Hobo => Tas bahu yang memiliki bentuk menyerupai bulan sabit.
  • Kopling  => Tas genggam yang memiliki ukuran kecil. Bentuk dari tas ini cenderung geometris yang lebih besar yang terselip di bawah lengan.
  • Satchel Bag => Tas genggam yang ukurannya cukup besar.
  • Baguette => Tas bahu berbentuk panjang dan bundar menyerupai roti baguette.
  • Messenger Bag => Tas bahu yang besar dan lembut dengan tali pengikat panjang (sering dipakai di seluruh tubuh).
  • Tas Kelly => Tas dengan gaya Hermes klasik yang dinamai Grace Kelly; tas tangan yang besar dan terstruktur dengan penutup bertekstur keras yang khas.

4. Travelling

Bag atau Duffel untuk Bepergian

jenis tas

Anda pasti pernah melihat jenis tas duffel atau travel bag yang dibawa oleh orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Seperti namanya, tas ini memang tas yang khusus dibuat untuk melakuka perjalanan jauh. Travel bag dapat menampung banyak barang yang akan dibawa pada saat melakukan perjalanan jauh.

Namun ternyata duffel bag itu sendiri tak hanya dapat digunakan untuk kegiatan travelling atau jalan-jalan.

Travelling bag atau duffle bag ini biasanya memiliki ukuran serta space yang besar. Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan lainnya, seperti untuk olah raga fitness. Apabila Anda menggunakannya sebagai tas olahraga, maka tasini dapat Anda gunakan untuk menyimpan peralatan olahraga seperti sepatu, baju, atau tempat minum dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan travelling bag:

  • Dapat menampung banyak barang karena spacenya yang luas saat bepergian.
  • Praktis dan mudah untuk digunakan.
  • Bahan pembuatannya beragam.

5. Drawstring Bag, Tas Serbaguna

drawstring bag

Drawstring bag merupakan tas yang dibuat dengan menggunakan tali pada sisi kanan dan kiri. Tali tersebut berfungsi sebagai penyerut tas supaya penggunanya mudah menutup dan membukanya.

Jenis tas yang satu ini umumnya didesain dengan motif yang berbeda-beda.

Drawstring bag itu sendiri memiliki berat sangat ringan ketika dalam keadaan kosong dan juga bisa dilipat. Namun, tas tersebut juga mampu menampung cukup banyak barang bawaan penggunanya lumayan banyak. Selain itu bagian dalam tas dapat dibuat khusus dengan dilengkapi resleting untuk membawa barang-barang penting.

Bahan-bahan yang sering dijadikan sebagai material pembuatan drawstring bag di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Nylon => Bahan nylon ini sangat kuat dan tahan lama, Sehingga cocok dipakai untuk mengangkut tas dengan beban yang cukup berat.
  • Polyester => Karakteristik bahan ini cukup kokoh dan dapat membawa barang cukup banyak. Selain itu, polyester tahan terhadap sinar matahari, dan jamur. Juga bahan tas yang satu ini bisa tahan air sehingga dapat mencegah barang-barang bawaan basah.
  • Polypropylene => Bahan pembuatan tas serut yang satu ini dikenal sebagai bahan tas paling murah. Hal ini dikarenakan bahwa ketahanan bahan tersebut lebih rendah dari nylon atau polyester. Namun material pembuatan tas yang ini sangat cocok untuk pembutan drawstring bag souvenir atau promosi.
  • Kanvas => Bahan kanvas memiliki karakter yang sangat kuat. Selain itu, untuk urusan harga, bahan yang stau ini paling mahal dari bahan di atas.

6. Tote Bag, Tas yang Simpel Digunakan

tote bag

Tote bag merupakan salah satu tas yang cukup klasik. Tas yang satu ini berasal dari Amerika. Para penggunaanya biasanya lebih nyaman untuk membawa apa saja dengan tas tersebut. Selain itu, desain tote bag sangat simpel dan memudahkan penggunanya untuk memasukan dan membawa barang bawaan.

Saat ini kebanyakan orang menggunakan tote bag supaya dapat terlihat lebih kasual, baik itu pria maupun wanita.

Beberapa kelabihan penggunaan tas ini di antara:

  • Multi-fungsi
  • Simpel;
  • Elegan;
  • Dapat digunakan siapa pun, baik pria maupun wanita;
  • Motif beragam;
  • Praktis; dan
  • Mudah Merawatnya.

7. Waist Bag yang Populer di Dunia Fashion

apa itu waist bag

Waist bag merupakan salah satu jenis tas yang biasanya dikenakan di sekitar pinggang dan pinggul. Pada umumnya, tas tersebut memiliki fungsi yang sama dengan sling bag atau tas selempang. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada pada bentuknya yang lebih cenderung memanjang.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang menggunakan tas waist bag dengan diselempangkan ke bahu supaya tampak lebih fashionable dan modis.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan waist bag:

  • Praktis di bawa kemana pun
  • Penggunanya akan terlihat modis atau fashionable
  • Bisa digunakan di pinggang atau diselempangkan ke bahu
  • Model dan bentuknya beragam

Pada mulanya, waist bagi juga biasa digunakan juga oleh pedagang untuk menyimpan uang saat mereka berjualan. Namun ternyata pengguna tas ini pun semakin marak dan banyak menarik orang, terutama bagi kalangan anak-anak muda.

8. Koper untuk Menemani Perjalanan

koper

Tas koper merupakan satu jenis tas yang selalu digemari banyak orang dalam penggunaannya apabila dibandingkan dengan tas yang lainnya. Penggunaan koper ini akan sangat tepat jika Anda melakukan perjalanan  jauh dengan santai.

Model tas ini selalu memiliki pegangan pada satu sisi dan digunakan terutama untuk mengangkut pakaian dan barang-barang lainnya selama perjalanan.

Beberapa koper juga memiliki engsel juga memiliki roda supaya dapat memberikan kemudahan untuk membawanya. Bahkan, untuk membuat isi atau barang bawaan lebih aman, beberapa koper didesain menggunakan kunci kombinasi.

Kelebihan penggunaan koper yang bisa Anda dapatkan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat memuat banyak barang untuk beberapa hari.
  • Mudah dibawa karena terdapat roda untuk mempermudah.
  • Awet dan juga tahan lama.

9. Tas Jinjing yang Multifungsi

tas jinjing

, Sesuai dengan namanya, tas jinjing merupakan salah satu jenis tas yang dalam penggunaannya dengan cara dijinjing.

Jenis tas yang satu ini terdapat pada beberapa model dan variasi serta dibuat dnegan berbagai macam bahan sehingga fungsinya pun dapat disesuaikan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan tas jinjing yang bisa Anda ketahui:

  • Tampak elegan dan stylish bagi penggunanya.
  • Desain dan modelnya sangat banyak.
  • Penggunaannya simpel.
  • Salah satu jenis tas yang serbaguna (multi-fungsi).

10. Tas Troli untuk Travelling

tas ransel beroda

Tas ransel troli banyak digunakan karena cukup praktis. Tak hanya ini tas yang satu itu memiliki dua fungsi dalam satu tas (2 in 1) di mana para penggunaannya dapat menggunakan tas tersebut dengan cara didorong atau juga digendong.

Jadi, pengguna tas troli ini bisa menggunakannya sebagai koper dan juga tas gendong.

Hal ini akan memberikan kemudahaan pada penggunanya untuk membawa barang-barang bawaan yang dimasukkan ke dalam jenis tas yang satu itu.

Berikut ini beberapa kelebihan dalam penggunaan jenis tas yang satu ini, di antaranya:

  • Terdapat roda yang akan meringankan beban penggunanya dalam membawa tas tersebut.
  • Memiliki banyak kompartemen atau kantong-kantong kecil.
  • Nyaman dan mudah digunakan.

Di pasaran terdapat banyak jenis yang dibuat dengan berbagai model dan desain. Hal itu juga disesuaikan dengan fungsi beserta manfaat dari penggunaan tas itu sendiri. Ada yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, untuk bepergian, dan bahkan ada yang menggunakannya hanya sebagai penunjang penampilan atau untuk urusan fashion. Jadi apa jenis tas favorit Anda?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *